Bagaimana Memaknai Idulfitri Di Tengah Pandemi Versi Menag Yaqut? Kementrian Agama Ri

Waktu perbatasan Hindia Belanda mulai mirip perbatasan yang ada di Indonesia saat ini, Ratu Belanda Wilhelmina membuat pengumuman pada pidato tahunannya di 1901 bahwa kebijakan baru, Politik Etis, akan diterapkan di Hindia Belanda. Politik Etis ini bertujuan untuk meningkatkan standar kehidupan penduduk asli. Cara untuk mencapai tujuan ini adalah melalui intervensi negara secara langsung dalam kehidupan , dipromosikan dengan slogan ‘irigasi, pendidikan, dan emigrasi’.

Melatih sikap toleran kita

Menghargai apapun perbedaan orang lain dari mulai suku, agama, ras dan juga golongan, karena semua sama di mata tuhan. Di negara kami sistem pendidikan benar benar diarahkan untuk mencetak manusia-manusia yang tidak hanya tau yang apa yang benar tetapi mau melakukan apa yang benar sebagai bagian dari kehidupannya. Kualitas sumber daya manusia merupakan komponen penting dalam setiap gerak pembangunan. Hanya dari sumber daya manusia yang berkualitas tinggilah yang dapat mempercepat pembangunan.,Jumlah penduduk yang besar apabila tidak diikuti dengan kualitas yang memadai, hanyalah akan menjadi beban pembangunan.

Pendidikan karakter juga harus dilakukan bersama-sama oleh orang tua dan anggota masyarakat, untuk membantu seseorang anak agar memiliki sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab. Orang tua pun harus selalu berkomunikasi dengan anak agar sang anak dapat jujur terbuka pada orang tua. Selain sikap toleransi yang dapat menghindari perpecahan akibat kesenjangan rasa menghargai, moderasi juga sikap yang dapat mencegah pepercahan akibat kekstriman pada suatu hal. Moderasi dalam beragama dan kebhinekaan patut dilakukan untuk mencegah perpecahan akibat keberagaman. Pengertian moderasi dalam KBBI adalah pengurangan kekerasan, penghindaran keekstreman.

Selain itu, saling tolong menolong tanpa memeprdulikan keyakinan dan agama juga terjadi di sejumlah hadits dan praktek Nabi SAW. Jenis pluralitas yang ada buka karena etnis saja, tetapi juga perbedaan karena agama. Disamping penduduk yang beragama Islam, ada pula penduduk yang beragama Yahudi, Nasrani bahkan Musyirikin. Dengan adanya pluralias tersebut, akhirnya Nabi SAW membangun toleransi dengan Piagama Madinah.

Selama lima hari belajar satu minggu seoyagianya 2 hari kuliah di kampus dan 3 hari belajar praktikum di perusahaan sekaligus untuk latihan dan magang. Ini tidak terlaksana karena sulitnya mendapat perusahaan untuk menerima siswa dan mahasiswa kuliah praktikum. Jadi hampir semua mata kuliah dan mata pelajaran diajarkan di kampus dan para anak didik belum pernah dilatih di perusahaan secara nyata.

Ohogx