Dpra Sebut Ada Mafia Dagang Di Sumut Tak Ingin Aceh Lakukan Ekspor Sendiri

Selain wajib menggunakan baju Melayu, Rudi juga menginstruksikan semua instansi pemerintahan hingga swasta di Kota Batam untuk menghiasi gedung atau kantor masing-masing dengan tema HUT ke-19 Kepri. Terakhir, Aceh hanya pernah mengekspor gas ke Korea dalam skala besar dari Pelabuhan Krueng Geukueh, Lhokseumawe. “Kemendag terus berupaya meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar produk ekspor lndonesia di pasar intemasional melalui kerja sama dengan pemangku kepentingan dan memanfaatkan tenaga ahli di bidangnya,” ujar Marolop. Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Marolop Nainggolan menambahkan, melalui lokakarya ini diharapkan pelaku usaha dapat menyerap informasi yang disampaikan oleh tenaga ahli dan mengimplentasikannya.

Kendati hanya berlangsung dua hari, para peserta mengaku menerima manfaat pengetahuan yang penting untuk pengembangan usaha. “Walaupun ini langkah awal, tapi sudah ada gambaran bagaimana kita memulainya,” ungkap Ari Witono, seorang peserta. Dan tak hanya itu, mereka juga diberi kesempatan kunjungan lapang dengan mengunjungi perusahaan produsen natural coconat charcoal atau arang batok yang sudah berpengalaman melakukan ekspor di Delanggu. Di sesi praktik, para peserta memulai aktivitasnya dengan analisa survei pasar. Setelah mendapatkan motivasi dan pengetahuan melalui pengalaman sukses eksportir, peserta dipandu untuk praktik memulai ekspor. Peserta diajak belajar menetapkan goal pasar sesuai produk masing-masing.

Di sesi berikutnya Ketua KEMI Kustanto memaparkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan dasar ekspor. “Lebih teoritis, supaya calon eksportir paham konsep dan istilah dalam bidang ekspor,” kata Kustanto. Senada dengan itu, wakil dari Bea Cukai Tanjung Perak, Surabaya—Syahrian dan Sunarko—memaparkan konsep dasar ekspor dan impor, khususnya yang terkait dengan peraturan kepabeanan. Misalnya soal alur memasukkan barang ke dalam daerah pabean serta mengeluarkan barang dari dalam daerah pabean.

Ekpor Baju

Namun uniknya, jumlah ekspor yang mereka lakukan ternyata lumayan fantastis. PT Anggun Kreasi Garmen merupakan salah satu perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat. “Untuk pelayanan ekspor, Bea Cukai Jogja akan selalu siap sedia melayani dan mengawasi,” kata Hengky. Komoditas ekspor jenis males shirt from cotton tersebut diekspor melalui Pelabuhan Tanjung Emas, menggunakan lima unit kontainer berukuran 40 feet yang diawasi dan dikawal oleh petugas Bea Cukai Yogyakarta. Menjamin bahwa hak negara atas bea masuk, cukai dan pajak dalam rangka impor dipenuhi.

Tetapi tahukah kamu, pakaian bekas asal impor ternyata memiliki dampak negatif lho. Dari sisi kesehatan, pakaian bekas berpotensi menularkan penyakit sehingga tidak aman untuk digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Merebaknya pakaian bekas asal impor ini juga menyebabkan industri di dalam negeri kalah bersaing. Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 bahwa pakaian bekas termasuk barang yang dilarang untuk diimpor ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, Menperin juga meninjau lokasi Kawasan Industri Brebes yang dikelola oleh perusahaan badan usaha milik negara PT Kawasan Industri Wijayakusuma .

Berikut adalah 7 hal penting yang perlu diketahui oleh eksportir sebelum mengirim barang ke luar negeri sehingga tidak masuk dalam kategori melanggar atau tidak dikenai sanksi denda dari Pemerintah. Jika di dalam negeri, maka prosedurnya lebih mudah karena tidak melibatkan pihak dari luar negeri. Ekspor dan Impor merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh negara berkembang seperti Indonesia.

Ohogx