Ekspor Ikan Naik, Produksi Terus Ditingkatkan

Produksi ikan nasional, dari perikanan tangkap dan budi daya pada 2020, menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, mencapai 230 juta ton, dengan nilai seluruhnya Rp380 triliun. Komoditas ekspor terkuatnya adalah udang , dengan quantity 208 ribu ton, dan nilainya hampir USD2 miliar . Arwana merah dan botia merupakan dua jenis ikan hias yang tak absen dari daftar ekspor Indonesia.

Ekspor Ikan

Namun karena kasus covid-19 sedang meledak di India, dikhawatirkan akan mempengaruhi kualitas komoditas ikan yang diekspor oleh India. Situasi pandemi COVID-19 yang sangat menghantam multisektor disiasati dengan berbagai terobosan. Salah satunya gebrakan ekspor komoditas andalan daerah yang dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dengan menyasar pasar Jepang. [newline]Ekspor komoditas langsung dari Bandara Sam Ratulangi, Manado ke Bandara Narita, Jepang terus berlanjut dengan quantity yang makin besar dan jenis yang semakin variatif. Kadin optimis, sektor usaha perikanan dan kelautan masih tumbuh dan tetap menjadi salah satu ujung tombak utama meski dipengaruhi dinamika perekonomian nasional dan dunia. Abdul juga menegaskan bahwa produk yang diekspor seharusnya bukan berbentuk benih, melainkan ikan berukuran dewasa yang dianggap sudah mencukupi untuk kebutuhan nasional.

Meski begitu, hal lain yang tak kalah penting konsep keberlanjutan dalam pengelolaan ikan hias tetap harus diutamakan. Peningkatan nilai ekspor dan surplus neraca perdagangan sektor kelautan dan perikanan itu, lanjutnya, membantu pencapaian goal ekspor produk kelautan dan perikanan tahun 2021 sebesar USD6,05 miliar. KKP sendiri telah menargetkan kenaikan volume dan nilai ekspor tahun 2021 sekitar USD1 miliar dari tahun sebelumnya menjadi complete USD6,05 miliar. Kenaikan ekspor tersebut membuat surplus neraca perdagangan sektor kelautan dan perikanan mencapai USD1,59 miliar atau naik 3,26% dibanding periode yang sama tahun lalu. Bahkan, pada April 2021, nilai ekspor produk kelautan dan perikanan menyentuh angka USD488,61 juta atau lebih tinggi eleven,6 % dibanding April 2020. Karenanya, dalam kesempatan ini dia mengajak para pelaku usaha untuk terus meningkatkan ekspor hasil perikanan berlabel halal dan memiliki nilai kualitas berupa sistem jaminan kesehatan ikan.

“Berbeda hal di zaman dulu, untuk mencari buku referensi mengenai budidaya ikan hias sangat sulit, dan penelitiannya masih sedikit. Terlebih lagi komunikasi sangat terbatas hanya menggunkan telepon, dan mesin faks,” terang pria yang memulai usaha ikan hias sejak 1994 silam. Menurut Stefanus, peruntukan ikan hias untuk luar negeri tidak hanya sebagai ikan hias saja, ada juga yang dijadikan bahan baku pembuatan kosmetik seperti jenis corydoras dan jenis-jenis lainnya. “Bahkan saat ini, jenis denisoni mencapai jutaan ekor perbulannya ke China, berdasar informasinya bahwa ikan tersebut memiliki kadar albumin yang lebih tinggi jika dibandingkan ikan gabus.

Namun, kasus ditolaknya produk perikanan Indonesia oleh China tidak perlu membuat khawatir. Pasalnya, yang diblokir hanya satu perusahaan, itu pun dalam waktu yang tidak terlalu lama. Ekspor komoditas kelautan dan perikanan Indonesia ke Tiongkok pun jauh mengungguli negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Norwegia, dan Selandia Baru.

Ohogx