Pentingnya Pendidikan Karakter

Menurut Michael Walzer toleransi adalah suatu keadaan yang harus ada dalam diri perorangan atau masyarakat untuk memenuhi tujuan yang ada di dalamnya. Tujuannya untuk hidup damai di tengah perbedaan yang ada, baik perbedaan sejarah, identitas, maupun budaya. Misalnya tentang tentang suku, adat dan ras, seni dan sosial budaya, serta keanekaragaman agama yang diakui oleh pemerintah di Indonesia yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Khonghucu. Kemendikbud juga menyarankan beberapa berikut yang bisa dilakukan oleh orang tua bersama anak untuk membantunya memahami toleransi.

Menurut Tubagus, hasil sementara ada enam orang dapat dievakuasi dengan rincian empat selamat dan dua meninggal dunia. Penguatan sistem rujukan berjenjang, diawali dari Posyandu, Puskesmas hingga rumah sakit. Sebagai cara untuk mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari kerja suatu peradaban.

Cakupan perbedaannya cukup luas, yaitu meliputi perbedaan pendapat, pandangan, atau keyakinan. Mengingat besarnya peran toleransi dalam masyarakat, arti toleransi yang sesungguhnya harus diketahui untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sikap toleransi patut dijaga demi menjaga keutuhan persaudaraan, tanpa memandang perbedaan.

Contoh moderasi yang dapat diterapkan tidak hanya sikap toleransi tetapi juga bisa menerima dan bermanfaat satu sama lain. Di sekolah, moderasi terlihat ketika siswa tidak menjadikan agama ataupun budaya sebagai dinding pembatas dalam bergaul, bisa menerima perbedaan yang dimiliki siswa lain, serta bisa menempatkan diri di tengah keberagaman. Kita perlu sadari bahwa ada berbagai macam cara untuk memberikan edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya toleransi dan peduli terhadap sesama.

Sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap bahwa budaya barat adalah budaya yang bebas dan liberal. Misalnya saja perihal penampilan, cara berpakaian orang barat cenderung terbuka. Apalagi pergaulan hidup disana begitu bebas, minuman alkohol, seks bebas, dan atheisme merupakan hal yang sudah biasa dilakukan. Karena itulah budaya barat dianggap buruk oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun tahukah kalian bahwa tidak semua hal yang dianut oleh orang barat itu buruk. Ada beberapa budaya di negara barat yang tidak ada di Indonesia namun patut untuk ditiru.

Melatih sikap toleran kita

Tindakan-tindakan sepele semacam ini kadang secara nggak sadar kita lakuin. Yuk coba melihat orang dari segala sudut pandang dan mencoba untuk memahami perilaku mereka. Hal ini mengarah pada bentuk menghormati pendapat politik yang dimiliki oleh orang lain. Setiap warga negara memiliki hak politik dan kebebasan menentukan pendapatnya. Sedangkan menurut Heiler, pengertian toleransi adalah sikap seseorang untuk mengakui adanya pluralitas agama dan menghargai setiap pemeluk agama tersebut.

Kata serius dipahami klien sebagai suatu kondisi mendekati kematian, tetapi perawat akan menggunakan kata kritis untuk menjelaskan keadaan yang mendekati kematian. Ketika berkomunikasi dengan klien, perawat harus hati-hati memilih kata-kata sehingga tidak mudah untuk disalah tafsirkan, terutama sangat penting ketika menjelaskan tujuan terapi, terapi dan kondisi klien. Bijak dalam bermedia pun perlu, tidak mudah menyerap segala informasi dan isu-isu yang beredar sebelum ditelisik kebenarannya.

Ohogx