Peranan Penting Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak

Bertujuan untuk mengizinkan peserta didik memperoleh kemampuan beradaptasi yang membantu di dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang berubah-ubah dan mengembangkan fungsi lain seperti kreativitas dan kemampuan berpikir secara abstrak. Menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri mereka sendiri melalui aktivitas yang mereka nikmati. Tujuan utama dari organisasi profesi, adalah membantu para guru untuk meningkatkan profesinya, karena bagaimanapun juga persoalan pendidikan yang begitu kompleks tidak akan bisa diselesaikan dengan beberapa guru tanpa melalui organisasi profesi. Dengan ini peranan dan tanggung jawab guru akan semakin jelas dan terarah. Penilaian merupakan suatu keharusan bagi seorang guru, untuk mengukur seberapa jauh ketercapaian tujuan pembelajaran. Seorang guru dalam menjalankan tugas kesehariannya, yaitu mendidik, tidak akan luput dari penilaian, baik aspek kognitif, psikomotor maupun afektif.

Dengan demikian guru juga sebagai manajer bertanggung jawab untuk mengatur semua tugas-tugasnya dalam mendidik anak di kelas. Dalam pindidikan dan pengajaran Nabi Muhammad noticed, sehingga menghasilkan generasi yang memiliki kecerdasan rasio, kecerdasan fisik, kecerdasan emosi, dan kecerdasan religious, tak lepas dari metode-metode yang diterapkan beliau pada proses belajar mengajar. Learning to do, yaitu proses belajar melakukan atau mengerjakan sesuatu. Belajar berbuat dan melakukan sesuatu secara aktif ini bermakna pendidikan seharusnya memberikan bekal-bekal kemampuan atau keterampilan. Peserta didik dalam proses pembelajarannya mampu menggunakan berbagai konsep, prinsip, atau hukum untuk memecahkan masalah yang konkrit. Sebaiknya orang tua mengetahui kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi si anak.

Demikian juga dapat menjadi salah satu acuan widyaiswara khususnya yang muslim, sehingga dengan berpedoman pada ajaran Nabi Muhammad noticed yang telah terbukti hasil gemilangnya dalam kancah pendidikan, diharapkan dapat melahirkan sebuah generasi yang berilmu, berintelektual dan berakhlak, dan bermoral. Sebagai guru, tugas Anda adalah memberitahu apa yang salah, menasihati, serta membimbing siswa menuju perbaikan. Dengan demikian, siswa akan belajar dari kesalahan yang telah dilakukan. Banyak juga kasus yang terjadi di mana siswa menjadi lebih baik ketika diajak bicara baik-baik dari hati ke hati.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Sebagai sumber getaran energi bagi siswa, guru yang terlatih dengan baik, dipastikan akan mampu menyentuh dan menggetarkan siswanya. Terlebih jika dilakukan dalam suasana kelas yang kondusif, maka siswa akan mudah menyerap materi yang diberikan. Jika ingin menjadi guru yang konstruktif, maka guru harus dapat memotivasi dirinya sendiri. Guru harus mampu memahami dan mengendalikan dirinya sendiri serta dapat memahami kebutuhan dan masalah-masalah siswa seperti halnya tugas guru BK . Dengan memahami kondisi psikologis siswa, maka seorang guru konstruktif mudah mengubah kesadaran siswanya.

Pembelajaran yang ideal harus memiliki integrasi kepribadian , komitmen terhadap tugas , memberi pelayanan, memprakarsai perubahan positif, dan menghargai keragaman . Realitanya hal-hal tersebut masih belum terbina dan berjalan dengan semestinya, utamanya dalam hal belum terlalu komitmennya terhadap tugas , belum memberikan pelayanan secara maksimal terhadap siswa, dan belum menghargai keberagaman secara menyeluruh. Guru dituntut agar mampu memilih strategi pembelajaran, membimbing, dan memfasilitasi siswa agar mereka dapat memahami kemampuan yang mereka miliki dan menghargai setiap tingkat perbedaan kemampuan siswa. Penulis melihat bahwa sifat dan karakter ikhlas inilah yang jarang dimiliki guru dewasa ini. Ketika paham kapitalisme laku keras, maka dunia pendidikan terkena imbasnya. Banyak sekali guru yang mulai terpengaruh paham ini sehinga niat mereka mengajar menjadi tidak tulus.

Apabila saya sudah berfikir yg tidak-tidak sebelum mencoba itu akan membuat saya setengah hati untuk melakukannnya sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Tidak ada salahnya mengambil kesempatan menjadi wali kelas karena akan menjadi pengalaman tersendiri bagi diri saya, karena pengalaman adalah guru terbaik untuk menentukan langkah selanjutnya. Kemudian kelola itu dalam pikiran saya dan mengaplikasinya dalam kegiatan belajar nantinya.Kemudian tak lupa menjalin komunikasi dengan teman sejawat ,karena apa?. Kita bisa bertukar pikiran atau pengalaman bagaimana berinterkasi dengan guru lain yang lebih senior.Dan kita pun sebagai guru harus selalu belajar dan belajar dari banyak hal.

Selain mendukung program kewirausahaan, Starbucks juga bermitra dengan dua Lembaga Swadaya Masyarakat , yaitu Yayasan Komunitas Sahabat Anak dan Indonesian Street Children Organization . Mereka ingin menciptakan lebih banyak kesempatan dalam memperoleh edukasi bagi anak-anak di Indonesia yang juga merupakan generasi penerus bangsa Indonesia merupakan negara ketiga di Asia yang mempunyai community store setelah Korea Selatan dan Thailand. Khusus di Indonesia, Starbucks ingin memfokuskan dalam membantu pendidikan anak-anak. Izin menanggapi pak, jika saya dihadapkan pada situasi seperti itu maka yang saya lakukan adalah mencoba berdamai dengan kondisi, mulai mencoba mengenal lingkungan sekitar, dan juga menguatkan kepercayaan diri. Saya yakin, dengan pendekatan sedikit demi sedikit kepada guru yang lebih senior bisa lebih memperbaiki keadaan serta menjadi teman yang baik untuk sesama adalah solusi yang tepat. Sebagai seorang mahasiswa yang baru saja lulus dan langsung mendapatkan pekerjaan, bahkan dipercaya menjadi wali kelas adalah hal yang patut disyukuri.

Rosululloh menekankan bahwa menuntut ilmu itu adalah ibadah dan harus dilakukan sepanjang hayat. Coba minta siswa yang membuat keributan untuk duduk di kursi bapak/ibu guru. Apabila lebih dari satu siswa, maka minta mereka duduk di kursi paling depan. Namun jika kedapatan mengulangi, konsekuensinya siswa harus merapikan pakaian di depan kelas. Nah, akan lebih baik jika hukuman ini diubah sebutannya menjadi konsekuensi. Subyek akan diberikan tanggung jawab seluas mungkin, dengan konsekuensi sebagai batasannya.

Bila pendidikan karakter di sekolah dapat berjalan sebagaimana mestinya, setiap peserta didik bukan hanya berkembang dalam hal perilaku moral atau karakternya saja tetapi berdampak juga pada perkembangan akademisnya. Pertama, jika program pendidikan karakter di sekolah mengembangkan kualitas hubungan antara guru dan anak didik, serta hubungan antara anak didik dengan orang lain, maka secara tidak langsung akan tercipta lingkungan yang baik untuk mengajar dan belajar. Kedua, pendidikan karakter juga mengajarkan kepada siswa tentang kemampuan dan kebiasaan bekerja keras serta selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik dalam proses belajar mereka .

Tugas keagamaan adalah tugas guru ketika ia melakukan kebaikan dengan menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Sedangkan yang dimaksud dengan tugas social politik adalah bahwa guru mem- bangun, memimpin dan menjadi teladan yang menegakkan keteraturan, kerukunan dan menjamin keberlangsungan masyarakat. Kinerja dan standar harus selalu dipelihara sepanjang masa dan dalam situasi yang disepakati bersama. Oleh karena itu, kompetensi merujuk kepada kecakapan atau kelayakan seseorang individu dalam organisasi untuk menjalankan tugas dengan sempurna. Kompetensi dirujuk kepada sifat-sifat individu yang dapat atau berhubungan dengan pencapaian dan prestasi dalam pekerjaan. Dengan demikian, kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjuk- kan kualitas guru yang sebenarnya.

Ohogx